Tips menghadapi UN berbasis komputer

Ujian merupakan salahsatu momok menakutkan bagi para pelajar. Begitu pun, gue. Tapi, tahun ini gue masih kelas XI. Jadi, gue cuma mau kasih tips buat kakak kelas gue yang akan melaksanakan UN dengan menggunakan sistem CBT.

Ujian berbasis komputer

Apa itu CBT? Gue juga kurang paham mengenai ini. Yang pasti, CBT itu artinya Computer Based Test. Jadi, kalian mengerjakan UN dengan menggunakan komputer. Bener, kan?

Apa sih yang gak boleh dilakukan saat menggunakan CBT?

Pertama, gunakan komputernya hanya untuk mengerjakan soal. Jangan gunakan untuk hal lain. Fokus terhadap soal yang lo kerjakan aja.

Kedua, jangan pernah otak-atik instalasi atau kabel-kabel yang ada. Inget, lo dateng untuk ujian. Bukan untuk jadi tukang kabel!

Ketiga, jangan pernah bawa pulang perangkat komputer yang ada. Kenapa? Karena, itu milik sekolah.

Nah, setelah tau cara menggunakan CBT, sekarang gue akan kasih tips agar kalian bisa mengerjakan soal UN dengan baik.

1. Berdoa kepada Allah swt.
    Hal ini merupakan hal yang paling utama. Kenapa? Karena, Dia lah zat Yang Maha Kuasa.

2. Bersyukur atas apa yang kita peroleh.
    Kita harus bersyukur atas nikmat hidup serta keimanan kita. Tanpa kasih sayang-Nya, kita tidak mungkin dapat merasakan indahnya hidup di dunia.

3. Minta doa serta ridho dari orangtua.
    Orangtua merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Terutama seorang ibu. Jasanya gak akan pernah bisa kita balas dengan apa pun itu. Jadi, jangan pernah sakitin hati orangtua kita. Saran gue, sebelum berangkat ke sekolah, jangan lupa minta maaf dulu sama orangtua. Kenapa? Agar mereka terus mendoakan kita dengan sepenuh hati saat kita ujian.

4. Membaca ulang pelajaran yang telah dipelajari.
    Walau kita telah menguasai pelajaran tersebut, kita tidak boleh lengah. Jangan pernah sombong atas nilai try out kita yang sudah tinggi. Ingat, setan aja turun dari surga karena satu kali kesombongannya. Jangan pernah merasa puas atas ilmu yang kita miliki. Teruslah membaca! Agar kita dapat menambah pengetahuan.

5. Ber-Sholawat kepada Nabi saw.
    Sebelum ujian dimulai lantunkanlah Sholawat Nabi saw. agar hati kita tentram. Ya Nabi salam 'alaika. Ya Rasul salam 'alaika. Ya Habib salam 'alaika. Sholawatullah 'alaika. Semoga kita semua mendapatkan syafaat dari beliau saw.

6. Jangan lakukan aktivitas lain ketika ujian berlangsung.
    Tetap fokus pada ujian. Jangan ingat kenangan mantan serta janji manis pacar kita saat ujian berlangsung. Lupakan semua hal, kecuali Allah swt dan Rasul-Nya.

7. Tawakkal
    Berserah diri kepada Allah swt., setelah kita berikhtiar (berusaha) dan berdoa kepada-Nya.
  
Sebenernya, UN itu dapat dengan mudah kita kerjakan dengan rumus :

Un = a + ( n – 1 ) b

Bukan, bukan, itu rumus menentukan suku ke-n pada barisan aritmetika.

Nah, itu tadi tips dari gue. Semoga bermanfaat. Buat kalian yang mau UN, semoga kalian berhasil mendapatkan nilai yang terbaik dan bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi maupun mendapatkan profesi yang diinginkan.


“Bekerjalah untuk duniamu seolah-olah kau hidup selamanya, dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kau akan mati esok hari”
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ (129)
"Jika mereka berpaling (dari keimanan),maka katakanlah : "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki 'Arsy yang agung".
(QS.At-Taubah 9:129)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu dengan berkomentar secara sopan. Your comment is my reflection.