Kenapa gue sekarang jadi aktif menulis?

Sumber : Line gue

Dari awal gue mulai ngeblog, banyak banget orang yang nanyain, 'Way, apa yang membuat lo sekarang jadi aktif ngeblog?' Gue gak tau harus jawab apa. Pokoknya gue ngerasa pengen aja buat sekedar berbagi sama orang lain. Setidaknya, gue bisa berkarya.

Awalnya, gue gak tau apa-apa tentang blog. Gue gak ada keinginan untuk mengetahui serta mencoba untuk ngeblog. Kehidupan gue hanya sebatas pelajar yang 'mati'. Kenapa gue bilang 'mati'? Karena, gue gak pernah bisa menggapai prestasi akademik maupun non-akademik. Aktivitas yang gue lakukan pun selalu sama setiap harinya.

Bangun tidur - Sekolah - Main handphone - Tidur lagi.

Gue juga punya kebiasaan iseng, yaitu buka laptop hingga larut malam. Gue buka laptopnya. Kemudian, gue nonton film. Bukan film bokep/porno, kok, orang gue nonton filmnya di tv. Dan laptopnya, gue biarin aja nyala dan terbuka. Emang aneh, tapi berasa asik buat gue. Entah kenapa.

Beberapa hari kemudian, gue sadar kalo hal itu salah. Gue pun ingin merubah kebiasaan itu. Namun, gue bingung, hal apa yang bisa gue lakuin. Gue pengen bermanfaat buat oranglain. Gimana, ya? Apa ada hal yang mudah dilakuin, tapi bermanfaat? Gue terus berpikir. Apa gue harus jadi superhero, biar bisa bermanfaat buat oranglain? Atau mungkin, gue harus bantu ngerapihin sendal di masjid saat orang lagi salat? Bisa, sih. Tapi, gue aja sering nuker sendal merek swallow gue jadi sendal ber-merek eiger kalo pulang salat Jumat. Apa gak ada cara lain, ya?

Malam itu, gue gak bisa tidur. Soalnya, banyak nyamuk. Eh, bukan. Gue mikirin cara gue buat berkarya. Gimana, ya?

Tiba-tiba, gue teringat sama temen gue Robby Haryanto yang sukses dengan blognya. Gue berpikir, apa dengan blog gue bisa berkarya dan berbagi? Apa gue bisa sukses juga kayak Robby? Semoga jawabannya adalah iya. Gue yakin Allah akan bantu gue.

Sumber : bangsaid.com

Keesokan harinya, gue mulai mencari referensi cara membuat artikel blog yang menarik. Mulai dari judul, isi, sampe penutup. Tetapi gobloknya, gue gak cari tau gimana cara bikin blog. Kenapa gue berpikir terlalu jauh, ya? Emang goblok, sih. Tapi, setidaknya gue udah agak paham cara bikin artikel.

Setelah gue sadar ke-goblok-an gue itu, gue langsung menghubungi Robby buat belajar bikin blog. Keesokan harinya, gue langsung bikin blog dan menghiasnya. Gue cari template blog yang responsive. Gue atur tata letaknya, pokoknya semuanya, deh. Sampe-sampe, gue juga bikin akun media sosial baru. Semangat banget rasanya.

Tahap menghias pun selesai, gue pun mencoba membuat artikel pertama gue yang judulnya (kayaknya) 'menantang'. Jangan berpikir yang macem-macem! Judulnya adalah 'Kenapa kalian harus baca blog gue?.' Di sana, gue ngejelasin seberapa pentingnya membaca serta pengalaman gue membaca buku di kereta.

Gue kira, membuat artikel itu mudah. Tapi ternyata, membutuhkan waktu yang lama untuk mencari ide pokok maupun penjelasannya. Suatu hal yang tidak kalah sulit, yaitu penyuntingan. Butuh waktu yang sangat lama serta ketelitian dalam penyuntingan.

Banyak komentar yang secara langsung diajukan ke gue mengenai penulisan. Iya, gue masih belajar dalam blog ini. Bahkan, selain berkarya dan berbagi, niat gue ngeblog, yaitu gue ingin meningkatkan penulisan serta gaya bahasa gue untuk nanti menyusun skripsi kalo udah kuliah. Jadi, komentar kalian sangat gue tunggu.

Itulah alasan gue nulis, selain karena ada PR, gue juga pengen ningkatin penulisan gue. Buat para pembaca yang belum bikin blog, gue harap kalian bisa baca terus artikel gue dan gak lupa untuk kasih saran. Dan untuk yang udah punya blog, marilah kita saling membantu dan bekerjasama untuk meningkatkan blog kita masing-masing.
Hidup akan menjadi lebih indah,  jika kita saling berbagi segala yang kita miliki.


Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
بَÙ„ِّغُوا عَÙ†ِّÙ‰ ÙˆَÙ„َÙˆْ آيَØ©ً
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat”
 (HR. Bukhari)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 komentar:

  1. Line dari sape tuh, Way? Hahaha. Jadi kepo, nih, gue.

    Asyik dah. Asal jangan angin-anginan ngeblognya. Konsisten terus, sob!

    BalasHapus

Tinggalkan jejakmu dengan berkomentar secara sopan. Your comment is my reflection.